Penyebab Kegagalan dalam Program Melangsingkan Tubuh

Slimming Capsule – Melangsingkan tubuh atau menjaga tubuh agar tetap berada dalam berat badan ideal masih menjadi salah satu cara yang dilakukan wanita. Ada wanita yang berhasil dalam menjalani program melangsingkan tubuhny dan bertahan selamanya. Ada yang berhasil lalu kembali lagi ke berat badan semula. Ada juga yang gagal melangsingkan tubuh sebelum seminggu melakukannya.

Penyebab Kegagalan dalam Program Melangsingkan Tubuh

Faktor Penyebab Kegagalan dalam Program Melangsingkan Tubuh

Kegagalan dalam program melangsingkan tubuh juga sering dialami para kaum wanita. Selain programnya gagal, menahan lapar secara berlebihan bisa mengganggu sistem pencernaan yang memicu munculnya penyakit. Apa sih yang menyebabkan banyak wanita gagal dalam program melangsingkan tubuh? Inilah faktor penyebab kegagalannya:

  1. Sering lapar adalah salah satu tantangan mereka yang sedang melakukan program melangsingkan tubuh. Rasa lapar ini kadang memang muncul karena tubuh butuh makanan, ada juga rasa lapar semu yang sebenarnya hanya ‘halusinasi’ Anda. Misalnya saja Anda sudah makan, lalu lewat di depan penjual nasi goreng yang sedang beraksi dengan masakannya. Tiba-tiba perut berbunyi dan lapar, padahal itu hanya pikiran Anda saja karena mencium aroma nasi goreng.
  2. Seseorang yang sudah biasa sering ngemil dan makan enak tertentu tidak mudah melakukan program melangsingkan tubuh. Ada perasaan lapar, mual, pusing bahkan tekanan darah turun. Jika tubuh sudah melawan begini, biasanya seseorang akan menyerah di hari-hari pertama diet.
  3. Setelah mendapat serangan lapar, ada orang yang bertahan untuk tidak makan. Tapi tidak sedikit yang harus menyerah karena tidak tahan melihat banyaknya makanan enak. Siapa yang tidak tergiur melihat es krim, ayam goreng lezat dan sambalnya, dan keripik kentang? Dibandingkan sayuran hijau, jelas mana yang akan dipilih untuk memanjakan lidah.
  4. Kadang kita sudah membulatkan tekad dan akan melawan semua poin di atas dengan semangat 45. Namun ada kalanya semangat itu kalah karena tekanan dari orang lain. Misalnya saja ibu Anda mengatakan: “Kamu ngapain mau kurus? Harus makan nasi!” padahal Anda sedang anti makan nasi. Bisa jadi pacar atau suami Anda menolak ide program Anda seperti ini. Kalau sudah begini, biasanya wanita sulit untuk sukses dalam program melangsingkan tubuhnya.
  5. Ketika melakukan program melangsingkan tubuh, dan Anda memutuskan tidak sarapan, gula otot pada tubuh akan mengalami proses pemecahan untuk dipaksa menjadi sumber energi. Kondisi ini biasa disebut efek katabolik. Akibat dari efek katabolik tersebut, tubuh mudah lemas, kepala pusing dan tidak bisa berkonsentrasi.
  6. Waktu mau tidur, tubuh masih membutuhkan asupan makanan. Namun lagi-lagi bukan asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, tapi lebih pada makanan yang kaya protein. Zat protein tersebut akan mendorong hormon bekerja lebih maksimal untuk memperbaiki serta meregenerasi sel-sel dalam tubuh yang rusak. Meskipun sedang dalam program melangsingkan tubuh sebaiknya mengkonsumsi menu dengan protein tinggi 3 jam menjelang tidur. Atau jika terpaksa harus mengkonsumsi menu tinggi karbohidrat, sebaiknya dikonsumsi 4 jam menjelang tidur.
  7. Apabila melakukan program melangsingkan tubuh tapi tidak berolahraga, maka kalori dalam tubuh yang tidak terpakai akan tetap tersimpan. Akibatnya, kalori-kalori yang tidak terpakai tersebut akan berubah menjadi lemak sehingga tetap jauh dari bentuk bentuk ideal.
  8. Bila anda ingin merubah berat badan anda rubah dulu kebiasaan buruk anda. Ganti kebiasaan ngemil dengan berolah raga. Ganti makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan lemak dengan makanan yang berserat tinggi.
  9. Faktor motivasi sangat memegang peranan dalam berhasilnya sebuah program melangsingkan tubuh. Seorang yang sedang jatuh cinta dan ingin memiliki berat badan ideal agar menarik perhatian orang yang dicintainya memiliki motivasi yang lebih kuat dibandingkan orang yang ingin memiliki berat badan ideal karena ingin menggunakan sebuah gaun dengan model tertentu.
  10. Banyak oang yang menjalankan program melangsingkan tubuh dengan tidak disiplin. Ketika diet menjauhi makanan habis-habisan, begitu angka ditimbangan turun segera merayakannya dengan makan secara berlebihan akibatnya beratnya selalu bertambah setelah programnya berhasil, bahkan lebih gemuk dibandingkan sebelum melangsingkan tubuh.
  11. Apakah kamu termasuk orang yang suka melampiaskan perasaan kesal, marah ataupun stres dengan makan berlebihan? Jika iya, kamu harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut dengan cara mengalihkan pikiran kamu ke hal lain saat perasaan tersebut datang. Kamu juga dapat menceritakan kekesalan kamu kepada orang-orang terdekat, seperti orang tua, keluarga, dan sahabat kamu.
  12. Tidur kurang dari 8 jam sehari akan menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat. Peningkatan hormon ini akan mendorong peningkatnya nafsu makan, yang pada akhirnya justru akan menaikkan berat badan kamu. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat metabolisme tubuh menurun. Dengan rendahnya metabolisme, kemampuan tubuh kamu untuk membakar kalori juga akan menurun.
  13. Pola melangsingkan tubuh yang berhasil dilakukan oleh satu orang, belum tentu akan berhasil saat diterapkan oleh orang lainnya. Hal ini karena keberhasilan programnya juga dipengaruhi oleh kecocokan pola melangsingkan tubuh yang dilakukan dengan kondisi tubuh orang yang menjalaninya. Oleh karena itu, sebelum menjalani program mealngsingkan tubuh tertentu, kamu harus mencari tahu program melangsingkan tubuh seperti apa yang cocok untuk kondisi tubuh kamu.
  14. Untuk mengetahui apakah program yang kamu lakukan berpengaruh dalam penurunan berat badan, kamu harus memantau berat badan kamu secara rutin. Jika tidak melakukannya, kamu tidak akan tahu apakah program melangsingkan tubuh yang kamu jalani cocok atau tidak untuk kamu lakukan. Sebaiknya, selalu pantau penurunan berat badan kamu setiap minggu dan catat setiap penurunan yang terjadi.
  15. Jika kamu sudah terbiasa makan makanan manis dan berlemak, tapi tiba-tiba kamu harus mengubah pola makan kamu secara mendadak, tubuh kamu akan sulit untuk beradaptasi. Akibatnya kamu tidak akan dapat bertahan lama menjalani program tersebut. Sesekali kamu boleh memanjakan diri kamu dengan makanan kesukaan kamu, asal jangan berlebihan.

Program melangsingkan tubuh yang baik adalah program yang dilakukan secara perlahan dan berkala, namun memberikan hasil yang maksimal. Dan makanan yang kita konsumsi juga harus diperhatikan, tentunya dengan dibarengi olahraga yang teratur dan jam tidur yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *