14 Jenis Penyakit Gigi dan Mulut serta Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Slimming Capsule – Gigi adalah salah satu alat pencerna tubuh, yang berfungsi untuk melembutkan makanan agar bisa di cerna oleh tubuh. Dan apabila salah satu gigi kita terserang penyakit maka kinerja gigi juga akan berkurang. Kesehatan gigi sangat penting untuk membantu kesehatan tubuh yang lainnya, untuk mencerna makanan yang keras dibutuhkan gigi untuk menghaluskannya terlebih dahulu sebelum dicerna oleh lambung.

 

14 Jenis Penyakit Gigi dan Mulut serta Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Definisi 14 Jenis Penyakit Gigi dan Mulut serta Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Sakit gigi merupakan nyeri yang dirasakan di dalam atau sekitar gigi yang terasa saat saraf gigi teriritasi yang disebabkan oleh berbagai masalah gigi dan mulut dan tentunya Anda akan mengalami rasa yang tidak nyaman. Untuk masalah mulut yang biasa muncul adalah bau mulut yang tak sedap, sariawan hingga sakit tenggorokan. Semua itu adalah akibat dari kita yang tidak memperhatikan kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut. Penyakit gigi yang lainnya, yaitu:

  1. Stomatitis atau radang mulut, radang ini disebabkan oleh jamur. Penyakit ini memiliki tanda dan gejala seperti lidah yang berwarna pucat dan juga terdapat bercak kuning dan keputihan dan sangat mudah untuk dikeruk. Bercak ini mengakibatkan rasa perih saat digunakan makan atau menggosok gigi.
  2. Karies gigi adalah salah satu penyakit yang dapat merusak kesehatan serta struktur gigi. Penyakit ini mampu membuat penderitanya merasakan nyeri dan bila tak kunjung ditangani, akan mampu menyebabkan kematian.
  3. Pulpitis adalah peradangan pada pulpa gigi yang menimbulkan rasa nyeri. Pulpa adalah bagian gigi paling dalam, yang mengandung saraf dan pembuluh. Penyebab pulpitis yang sering ditemukan adalah pembusukan gigi dan cedera.
  4. Periodontitis adalah seperangkat peradangan penyakit yang mempengaruhi periodontium yaitu jaringan yang mengelilingi dan mendukung gigi. Periodontitis melibatkan hilangnya progresif dari tulang alveolar di sekitar gigi dan jika tidak diobati dapat menyebabkan melonggarnya jaringan periodontium serta kehilangan gigi.
  5. Gingivitis adalah peradangan pada gusi. Gingivitis sering terjadi dan bisa timbul kapan saja setelah tumbuhnya gigi. Gingivitis hampir selalu terjadi penggosokan dan flosing atau membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi yang tidak benar, sehingga plak tetap ada di sepanjang garis
  6. Abses gigi adalah kumpulan nanah yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit gigi dan gangguan lainnya. Jika seseorang diduga memiliki penyakit abses gigi, segeralaj Anda mendatangi dokter gigi untuk dilakukan
  7. Kanker/tumor gigi hampir sama dengan tumor yang lainnya. Yaitu daging atau sel yang tumbuh berkembang seperti parasit yang merusak jaringan hidup disekitar dia berada.
  8. Calculus atau biasa disebut karang gigi adalah sisa-sisa makanan yang terbentuk dan melekat erat pada permukaan gigi di dalam mulut.
  9. Rongga mulut dilapisi oleh jaringan lunak berupa mukosa. Jaringan lunak tersebut berfungsi sebagai pelindung dan menjaga mulut dari bakteri yang berpenetrasi yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai penyakit.
  10. Maloklusi adalah bentuk hubungan rahang atas dan bawah yang menyimpang dari bentuk standar yang diterima sebagai bentuk yang normal, maloklusi dapat disebabkan karena tidak ada keseimbangan dentofasial. Keseimbangan dentofasial ini tidak disebabkan oleh satu faktor saja, tetapi beberapa faktor saling mempengaruhi.
  11. Perubahan warna gigi dapat terjadi pada saat atau setelah terbentuknya email dan dentin. Penyebab umum perubahan warna gigi adalah kopi, teh, mengunyah tembakau, ataupun rokok yang meninggalkan tar berwarna kecoklatan pada gigi yang terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang panjang.
  12. Halitosis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tanda nafas tidak sedap pada saat nafas dihembuskan. Halitosis merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan nafas tidak sedap yang berasal baik dari rongga mulut maupun diluar rongga mulut.
  13. Hipersensitivitas (atau reaksi hipersensitivitas) adalah reaksi berlebihan, tidak diinginkan karena terlalu senisitifnya respon imun (merusak, menghasilkan ketidaknyamanan, dan terkadang berakibat fatal) yang dihasilkan oleh sistem kekebalan normal.
  14. Tonsilitis adalah peradangan tonsil palatina yang merupakan bagian dari cincin Waldeyer. Cincin Waldeyer terdiri atas susunan kelenjar limfa yang terdapat di dalam rongga mulut yaitu: tonsil faringeal, tonsil palatina, tonsil lingual (tonsil pangkal lidah), tonsil tuba Eustachius, ( Soepardi, Effiaty Arsyad, dll.

Nah, selanjutnya ada tips menjaga gigi dan mulut yang bisa Anda praktekkan, misalnya:

  1. Hindari kopi, teh dan alkohol berlebihan.
  2. Konsumsi buah-buahan.
  3. Konsumsi sayuran.
  4. Meminum susu dan produk olahannya.
  5. Mengkonsumsi air lemon.
  6. Berhati-hatilah menggunakan produk pemutih gigi.
  7. Perbanyak konsumsi kalsium.
  8. Kurangi konsumsi makanan manis.
  9. Gosoklah gigi minimal dua kali sehari.
  10. Sekali dalam seminggu, berkumur dengan obat kumur.
  11. Menyikat gigi dengan baik dan benar.
  12. Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut.
  13. Berhenti merokok.
  14. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin.
  15. Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali.
  16. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  17. Gunakan benang gigi sekali setiap hari untuk mengangkat plak yang tidak dapat disentuh oleh sikat gigi.
  18. Kunyah permen karet tanpa gula untuk meningkatkan aliran air liur yang dapat membersihkan partikel makanan dan asam penyebab kerusakan gigi.

Dan untuk mengatasi penyakit gigi seperti di atas, Anda bisa mencoba Herbs Fluoride Toothpaste. Herbs Fluoride Toothpaste diformulasikan dari herbal pencegah gigi berlubang ditambah dengan ekstrak tumbuhan alami xylitol yang dapat menghambt pertumbuhan bakteri, secara signifikan mengurangi terjadinya kerusakan gigi dan sebagai fundamental untuk mencegah kerusakan gigi.

 

herbs toothpaste green world

Khasiat dan Kegunaan
*Menghentikan gusi berdarah.
*Memperbaiki luka rongga mulurt.
*Memperbaiki nyeri gusi bengkak.
*Menghilangkan bau mulut.
*Mencegah radang gusi.
*Mencegah pengeroposan gigi dan penyakit mulut lainnya.

Komposisi: Sorbitol, air, silika, propilen glikol, natrium lauril sulfat, fiber, xylitol, mint, natrium benzoat, dll.
Isi: 120 gram.
Cara Pemakaian: Gunakan untuk menyikat gigi, dua kali sehari. Untuk anak-anak gunakan sebesar biji jagung.

Untuk format pemesanannya:

WW-HFT : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat : No.HP/Tlpn Anda
Contoh
WW-HFT : 3 Botol : Fikri Alma : Jl.Ampel Barat No.199, Cipayung, Jakarta Timur : 089 607 5530 XXX

SMS Kirim Ke
085 223 808 444
BBM Kirim Ke
2B364191

WAJIB mencantumkan format “WW-HFT“, bila tidak maka tidak akan bisa dideteksi oleh komputer admin kami, dan berarti pemesanan anda tidak bisa diproses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *